Kamis, 12 Januari 2012

PENTINGNYA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BAGI ANAK

TIM BUDAYA SMP LABSCHOOL CIBUBUR MENGIKUTI KEGIATAN
THE 5TH INTERNATIONAL CHILDREN FOLKLORE FESTIVAL
MUGLA, FETHIYE TURKEY, 18-29  APRIL 2012


    Ada berbagai macam kegiatan yang positif yang dapat dilakukan oleh ananda di sekolah salah satunya adalah dengan mengadakan kegiatan ekstrakurikuler yang biasa disingkat dengan ekskul yang bermanfaat serta tentu saja berguna bagi masa depannya.

    Berbagai hal yang dapat dipelajari para siswa dari kegiatan ekstrakurikuler di sekolah, antara lain :
# Ilmu yang bermanfaat. Dalam setiap kegiatan ekstra kurikuler yang dipih tentu ada dasar-dasar ilmunya. Sebut saja  bahasa (Inggris, Perancis,dan Jepang), dimana para siswa dapat mempelajari tata bahasanya secara baik dan benar.
# Pelatih yang profesional, kegiatan ekstra kurikuler bisa menjadi wadah yang tepat bagi para siswa dalam mengembangkan bakat dan kemampuannya.
# Para siswa dapat memupuk jiwa sportif dalam aneka perlombaan-baik yang digelar secara internal di sekolah maupun eksternal dengan sekolah lain.
# Ekstrakurikuler juga dapat mengajarkan anak akan arti organisasi, walaupun dalam skala yang lebih kecil. Disana anak belajar menjadi pemimpin, penggurus, atau bahkan belajar mengemas suatu acara yang menarik dalam sebuah expo ekskul.

Secara garis besar kegiatan ekstrakurikuler mempunyai 3 (tiga) tujuan dasar sebagai berikut :

1.    Pembinaan Minat dan Bakat Siswa
Kegiatan Ekstrakurikuler diharapkan dapat membina dan mengembangkan minat yang ada pada siswa serta memupuk bakat yang dimiliki siswa.

2.    Sebagai Wadah di Sekolah
Dengan aktifnya siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler, secara otomatis siswa telah membentuk wadah-wadah kecil yang di dalamnya akan terjalin komunikasi antar anggotanya dan sekaligus dapat belajar dalam mengorganisir setiap aktivitas kegiatan ekstrakurikuler.

3.    Pencapaian Prestasi yang Optimal
Beberapa cabang ekstrakurikuler baik secara perorangan maupun kelompok diharapkan dapat meraih prestasi yang optimal, baik di lingkungan sekolah maupun        di luar sekolah.

    Mengingat banyaknya hal positif yang bisa didapat, jangan pernah ragu mendorong mereka mengikuti kegiatan ekskul.

Dari berbagai macam ekstrakurikuler yang memungkinkan untuk dibuka, MPE SMP Labschool Cibubur pada periode 2011-2012 *) telah memiliki sebanyak 12 cabang yang dapat dikategorikan sebagai berikut :

A.    Bidang Keilmuan
1.    Lisa (Bahasa Inggris)
2.    Bahasa Jepang
3.    KIR (Kelompok Ilmiah Remaja)

B.    Bidang Keterampilan
1.    Komputer
2.    Jurnalistik
3.    PMR (Palang Merah Remaja)
4.    Paskibra (Pasukan Pengibar Bendera)
5.    Fotografi

C.    Bidang Kesenian
1.    Paduan Suara

2.    Tari tradisional
 
D.    Bidang Keolahragaan
1.    Bolabasket
2.    Sepakbola

Tidak ada komentar:

Posting Komentar