Senin, 21 November 2011

POLA PEMBINAAN SISWA LABSCHOOL


POLA PEMBINAAN SISWA SMP LABSCHOOL CIBUBUR
(part 1)

1.   Perwalian Kelas
Perwalian Kelas adalah pertemuan para siswa dengan Wali Kelas. Pertemuan diatur  seminggu dua kali pada setiap hari senin dan jumat sebelum pelajaran dimulai. Tujuan pertemuan ini adalah untuk membicarakan persiapan pelajaran satu minggu ke depan dan evaluasi satu minggu yang lalu.

2.   Exploration Study
Exploration Study adalah layanan pembelajaran yang diberikan kepada para siswa untuk mendapatkan bimbingan/penyuluhan Wali Kelas atau Guru bidang studi berupa Remedial, Pengayaan, Ulangan Susulan, penyelesaian tugas individu maupun Kelompok, pementasan hasil pembelajaran dll. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Selasa pada jam ke 8.

3.   Tadarrus/Saat Teduh
Tadarrus adalah kegiatan pembacaan Kitab Suci Al-Qur’an (khusus siswa muslim) dengan surat dan ayat yang telah ditentukan. Kegiatan ini bertujuan melatih siswa agar dapat membaca dengan benar dan terbiasa membaca Al-Qur’an sesuai dengan hukum Tajwid. Selain itu diharapkan juga agar siswa semakin lancar membaca AlQur’an, sehingga akan terbentuk pribadi yang berilmu dan berakhlak mulia. Kegiatan Tadarus dilaksanakan setiap hari Senin-Rabu, pukul 07.00-07.15, Kamis 07.00-07.45.

Saat Teduh adalah kegiatan siswa Kristiani yang diadakan pada pagi hari sebagai saat khusus untuk mengawali hari, isi peribadatannya adalah nyanyi, doa membaca Alkitab dan merenungkannya. Tujuan kegiatan ini adalah mengarahkan siswa untuk menyediakan waktu setiap Senin dan Kamis pagi setiap minggunya.

4.    Tabungan Amal Soleh
Tabungan Amal Soleh adalah kegiatan berupa pengumpulan dana secara sukarela dari siswa yang akan dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan kegiatan Kerohanian dan sebagai Dana Sosial untuk Keluarga SMP Labschool. Diantaranya adalah, Keputrian, Bantuan Musibah Bencana Alam, Kematian, atau Musibah kemalangan lainnya. Kegiatan ini dilaksanakan pada saat PA dihari Jumat.
Penyelenggaraan kegiatan ibadah merupakan kegiatan yang sangat diutamakan di Labschool dalam rangka implementasi nyata dan Visi dan Misi sekolah. Tujuan kegiatan ini adalah untuk membiasakan para siswa melaksanakan ibadah secara tertib yang pada akhirnya menumbuhkan siswa yang memiliki ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Guna menumbuhkan hal tersebut, maka siswa muslim melaksanakan sholat Dzuhur, Ashar (khusus buat siswa yang pulang pada waktu tersebut), dan Sholat Jum’at berjamaah di sekolah. Sementara siswa non muslim mendapatkan pelayanan yang sama di ruang yang telah disediakan.

5.   Keputrian
Keputrian adalah kegiatan wajib bagi para siswi SMP Labschool yang tidak sholat karena datang bulan. Kegiatannya berupa Pendidikan Keagamaan dan Keterampilan. Dilaksanakan setiap hari pada saat yang lainnya melaksanakan Sholat Berjamaah / Kebaktian Siang. Untuk hari jumat, semua putri tanpa terkecuali akan mengikuti kegiatan Keputrian pada saat siswa putra  melaksanakan sholat jumat.


6.   SENAM (Selasa Bina MPK)
Senam atau Selasa Bina MPK adalah kegiatan layanan khusus diberikan kepada siswa yang terpilih sebagai pengurus MPK. Kegiatan ini bertujuan agar para pengurus MPK selalu siap, sigap, dan tanggap terhadap kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan setiap Selasa sore pukul 15.00 - 16.00.

7.   Olah Raga Bersama Jum’at pagi
Lari pagi Jum’at adalah kegiatan olah raga berbentuk lari pada pagi hari Jum’at dengan tujuan meningkatkan Kesehatan Jasmani Siswa, Guru, dan Pimpinan. Membiasakan Hidup Sehat, Melatih Kedisiplinan, Menjaga Kekompakan dan Sarana untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar Sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan setiap Jumat pagi pukul 06.30 hingga pukul 07.30.

Selain itu, Lari Jumat Pagi ini dijadikan sebagai wadah pemberian penghargaan bagi siswa yang berprestasi pada minggu tersebut. Pemberian penghargaan tersebut diharapkan menumbuh kembangkan perasaan bangga bagi siswa yang berprestasi dan memotivasi siswa yang belum berhasil meraih prestasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar